Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 19 Desember 2014

BAB 12 : Teknik Analisis Meramalkan Kas Perusahaan

 


Teknik Analisis Meramalkan Kas Perusahaan

 Merupakan teknik untuk mengetahui keadaan kas suatu perusahaan apakah kas perusahaan tersebut sehat atau tidaknya kas pada perusahaan baik di masa ini maupun di masa yang akan datang.
Sumber penerimaan kas antara lain :
- Penjualan investasi jangka panjang
- Penerimaan modal
- Penjualan tunai
- Kredit dari bank, dll.

Sumber Pengeluaran Kas antara lain :
- Pembelian saham
- Pembayaran hutang
- Pembelian surat beharga
- Bayar pajak, dll

Keungan Perusahaan
 Merupakan lembaga yang menyalurkan fungsi utama menyalurkan dana kepada mereka yang kekurangan dana. Tujuan utam keuangan perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan sambil mengelola perusahaan keuangan resiko. Meskipun pada dasarnya berbeda dari pembiayaan manajerial yang mempelajari keputusan keuangan dari semua perusahaan, bukan perusahaan sendiri,. Konsep utama mempelajari keuangan perusahaan berlaku untuk masalah keuangan dari segala jenis perusahaan.
 Jenis - Jenis Perusahaan Keuangan
a. Bank Komersial, yaitu lembaga simpanan yang mempunyai asset utama berupa pinjaman dan kewajiban utama yaitu tabungan.
b. Thrifts yaitu lembaga simpanan dalam bentuk tabungan atau pinjaman, savings bank, kredit union.
c. Perusahaan Asuransi, yaitu lembaga keuangan yang menjaga individu dan perusahaan dari kejadian yang buruk yang menimpanya.
d. Perusahaan Sekuritas dan Bank Investasi, yaitu merupakan lembaga keuangan yang menjaga sekuritas dan terlibat dalam kegiatan sehubungan dengan broker surat beharga, jual beli surat dan menghasilkan pasar dimana surat beharga di perdagangkan.
e. Perusahaan Pembiayaan, merupakan lembaga penghubung keuangan yang memberikan pinjaman kepada individu maupun perusahaan.
f. Reksa Dana, yaitu lembaga keuangan yang mana merencanakan simpanan dimana dana milik partisipasian mengakumulasi tabungan selama tahun bekerja mereka di ambil selama tahun pensiun mereka.
 Keungan Perusahaan di bagi menjadi :
a. Devestasi
 Investasi merupakan pengurangan beberapa jenis aset baik dalam bentuk finasial maupun barang, ataupun dapat pula disebut penjualan dari bisnis yang dimiliki oleh perusahaan.
b. Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu
 Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) dalam pasar modal Indonesia adalah hak yang di peroleh pemegang saham yang namanya telah terdaftar dalam daftar dalam suatu perseroan terbatas untuk menerima penawaran terlebih dahulu apabila perusahaan sedang menjalani proses emisi atau pengeluaran saham-saham dari saham portopel atau saham simpanan. Hak tersebut diberikan dalam jangka waktu 14 hari terhitung sejak tanggal penawaran dilakukan dan jumlah yang berhak diambil seimbang dengan jumlah saham yang mereka miliki secara proporsional.
c. Kebangkrutan
 Kebangkrutan adalah ketidakmampuan yang dinyatakan legal oleh individu atau organisasi, dimana perusahaan tersebut tidak dapat membiayai perusahaan tersebut ataupun kehabisan kas sehingga menjual aset yang dimiliki untuk menutupi biaya yang timbul.
 
Estimasi Penjualan
 Merupakan ramalan unit dan nilai uang penjualan suatu perusahaan. Penyusunan laporan keuangan apabila di sajikan dengan benar, maka informasi tersebut akan berguna bagi pihak manajemen perusahaan dalam rangka mengembangkan usaha yang di lakukan. Apabila perencanaan keuangan di lakukan dengan tepat waktu maka pihak manajemen mampu untuk berusaha secara maksimal dalam rangka pencapaian tujuan yang di tetapkan.
 Untuk menyusun peramalan keungan menggunakan metode regresi linear dan model-model yang terkomputerisasi,. Analisis regresi merupakan metode yang lebih umum digunakan untuk meramalkan kebutuhan-kebutuhan keuangan yang tidak mudah terkena perangkap potensial dan metode prosentase penjualan.

Estimasi Produksi
 Estimasi produksi merupakan kumpulan dari biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh atau mengelola bahan baku sampai menjadi barang jadi dan siap di pasarkan.

Estimasi Pembelian Bahan Langsung
 Merupakan pembelian barang secara langsung, baik berupa langsung maupun sistem online. Estimasi ini sangat menguntungkan bagi penjual dan pembeli karena penjual bisa memasarkan barang dagangannya secara online dan si pembeli juga dapat lebih menguntungkan dan menghemat waktu maupun tenaga.

Estimasi Pemakaian Bahan Langsung
Merupakan barang yang langsung bisa digunakan tanpa melalui proses terlebih dahulu, atau barang yang baru dibeli bisa langsung dipakai atau digunakan. Contohnya pakaian, kendaraan dan lain sebagainya. Biaya pemakaian bahan baku hanya memuat kuantitas bahan baku yang diperlukan. Untuk menghitung biaya bahan baku yang dibutuhkan diperlukan data harga setiap jenis bahan baku yang digunakan dalam proses produksi tersebut.

Upah Langsung
Merupakan upah yang diberikan oleh atasan atau managernya secara langsung kepada para karyawannya setelah mereka melakukan apa yang menjadi kewajiban mereka sebagai pekerja dalam sebuah perusahaan, dan biasanya upah langsung diberikan berupa uang tunai.


Estimasi Beban Fabrikasi
Merupakan estimasi yang menjelaskan mengenai beban pabrikasi.

Estimasi Harga Poko Penjualan
Merupakan harga yang sudah mutlak atau harga pokok barang yang dijual tanpa bisa mengalami perubahan. Harga ini sudah mutlak diberikan penjual kepada si pembeli agar tidak terjadi negosiasi dalam penjualan tersebut. Ringkasan dari anggaran produksi dengan memperhatikan tingkat persedian akhir, sehingga di perlukan data :
- Data yang telah dihitung dalam anggaran produksi, anggaran bahan langsung, anggaran overhead dan anggaran tenaga langsung.
- Keakuratan datanya dipengaruhi data dalam anggaran yang lain.

Estimasi Beban Penjualan
Merupakan beban yang ditanggung penjual karena terdapat beberapa faktor yang membuat perusahaan atau penjual menanggung beban oleh pihak-pihak tertentu, misalnya : beban pajak, kerusakan barang-barang, keterlambatan pengiriman dan lain sebagainya yang membuat penjual mengalami kerugian.

Estimasi Beban Administrasi
Beban administrasi perusahaan yang fokus dari kepentingan politik saat ini. Badan penelitian Eim estimasi total biaya administrasi disektor pekerjaan sementara. Penyebab utama dari ukuran biaya administrasi disektor pekerjaan sementara adalah :
- Tingginya jumlah pekerja pekerjaan sementara dan tingginya laju perubahan pada pekerja pekerjaan sementara (rata-rata tahunan 1,3 juta pendaftaran, 1,1 juta penempatan dan 15,6 juta pembayaran remunerasi).
- Perubahan undang-undang banyak dan perubahan kecil yang menghadapi sektor pekerjaan sementara   
- Penerapan sistem pembayaran remunerasi mingguan (bukan bulanan atau per 4 minggu) yang melekat pada penggunaan pekerja flex.

Estimasi Laba-Rugi
 Estimasi laba-rugi adalah laporan keungan suatu perusahaan yang menunjukkan keuntungan ataupun kerugian yang dialami perusahaan tersebut. Semua laporan keuangan di tunjukkan pada estimasi ini, karena dengan estimasi ini, perusahaan dapat mengetahui apakah mendapatkan keuntungaan ataupun kerugian. Laba-rugi yang diperoleh oleh suatu perusahaan pada suatu periode tertentu, meliputi :
- Laba merupakan kenaikan modal yang dimiliki oleh perusahaan yang berasal dari pendapatan operasional perusahaan
- Rugi merupakan penurunan modal saham yang diakibatkan dari transaksi yang dilakukan oleh perusahaan pada suatu periode tertentu.

Estimasi Kas
 Estimasi kas adalah laporan keungan yang menunjukkan berapa uang yang dimiliki oleh perusahaan itu, karena dengan adanya kas perusahaan dapat mengetahui berapa jumlah kas yang ada. Setiap perusahaan dalam menjalankan operasi usahanya akan mengalami arus kas masuk (cash inflows) dan arus keluar (cash outflows). Apabila arus kas yang masuk lebih besar dari arus kas yang keluar maka hal ini akan menunjukkan positive cash flow, dan sebaliknya apabila arus kas masuk lebih sedikit daripada arus kas keluar maka arus kas yang terjadi akan negative cash flow. Laporan arus kas yang tercakup dalam laporan tahunan, memberikan informasi mengenai arus kas masuk dan arus kas keluar serta setara kas. Tujuan dari laporan arus kas adalah memberikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas serta setara kas yang berasal dari aktifitas operasi, investasi, dan pendanaan dari suatu entitas selama suatu periode.
Kegunaannya :
- Menilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya, kemampuan membayar deviden, dan kebutuhan untuk pendanaan eksternal.
- Menilai pengaruh transaksi investasi dan pendanaan baik kas maupun non kas penyajian laporan kas.
- Menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan arus kas bersih masa depan.
- Menilai alasan perbedaan antara laba bersih dibandingkan penerimaan serta pengeluaran kas yang berkaitan.


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar